Kemangiku.......hicks.....hicks.......
,

Pagi ini cerah secerah hari biasanya. Sebagai ibu rumah tangga yang tak berkarier, menyetrika, memasak, bersih-bersih rumah dan mengasuh anak adalah kegiatan kegiatan hari-hariku.

Pekerjaan ku belum selesai, lembar demi lembar baju dan kain-kain kutata untuk kemudian ku tindih dengan setrika panas agar lekas rapi dan wangi.
Ditengah asyiknya menindas pakaian-pakaian itu, aku mendengar suamiku berkata-kata" Jangan!! itu memang sengaja di tanam?!!!!!!!" ........Yang kudengar sedikit emosi.
Akupun segera berlari keluar untuk memastikan apa yang terjadi dan...." Ya Allah.....kok kemanginya ditebangin Bie?!!!!!!" pekikku.
Hatiku jadi sangat sedih tak terperi. Bukan apa-apa, aku sedih karena mengingat bibit kemangi itu kami bawa dari kampung. Dan di sela-sela kemangi itu ada pohon katuk, pepaya dan ubi kayu yang berdaun kriting. Aku semakin sedih jika teringat kembali bagaimana aku mulai menanamnya dengan susah payah di tanah pasir yang butuh penyiraman setiap pagi dan sore hari. Namun aku senantiasa merawatnya mengingat kemangi adalah tanaman berkhasiat dan bisa dijadikan hiasan penghijau pekarangan.

Hatiku jadi sedih lagi jika mengingat suamiku sangat menyukai makanan/masakan yang diolah bareng kemangi. Seringnya aku dengar Mas selalu menyebut kemangi disaat-saat kami makan; baik saat sarapan pagi, siang atau malam. Apalagi bila makanan yang aku hidangkan diberi tambahan daun kemangi, maka dapat aku pastikan Mas akan mengatakan " Kan!! masakan jadi lebih enak kalo pake kemangi???". Tapi pagi ini kebahagiaanku sedikit terkoyak dengan sikap seseorang yang mencabuti kemangi yang rindang hasil budidayaku sampai tinggal satu batang, itupun karena aku segera menghampirinya dan mengatakan bahwa kemangi itu sengaja kami tanam.

Usut punya usut, rupanya bapak itu punya niat yang sangat baik. Ia ingin membersihkan kemangi-kemangiku yang rimbun sekalian saat ia bekerja membersihkan teras rumah tetanggaku. Ia menebangnya karena berfikir bahwa kemangi-kemangi itu telah mengundang banyak nyamuk-nyamuk tanpa ia tahu bahwa kemangi itu adalah tanaman yang sengaja kami tanam dan kaya akan manfaat.

Mau marah!! Ga jadi deh.........!
Mau tahu manfaat kemangi? Ikuti episode berikutnya!!!!!!! Atau lihat aja ini.
Disini juga bisa.
(wuuuiiiiiiihhhhh, kayak sinetron aja!) :D

0 komentar: