Keinginan Sederhana
,


Entahlah... dari sekian banyak kepala manusia, allah menciptakan berjuta bahkan bertrilyun-triliyun keinginan. Ada yang berkeinginan sangat tinggi, jauh dengan yang dia mampu menjangkaunya. Adapula yang telah memiliki berbagai hal, namun malah tak pernah kesampaian untuk mendapatkan keinginan yang sangat sederhana.


Demikian dengan salah seorang tetangga kami di kampung. Ia adalah seorang ibu dari tiga anak dan nenek dari tiga orang cucu. Secara kebendaan ia tak kurang sedikitpun (kaya untuk ukuran orang desa). Suatu hari beliau datang kerumah dan menumpahkan segala uneg-unegnya alias curhat kepada ibu saya.

"bu, saya ini sudah tua, udah ga banyak keinginan." katanya.
"lha kenapa toh bu" jawab ibu saya.
"saya itu senang sekali kalo melihat ada anak yang mengantarkan makanan untuk orang tuanya, saya pengen sekali dianterin makanan atau dibawakan oleh-oleh kalo anak-anak saya pulang dari berbelanja, meski saya masih sering berbelanja sendiri dan belum terlalu tua untuk bermanja-manja sama anak-anak. Sebenarnya saya hanya ingin menikmati makanan aatau apa saja dari anak-anak. ga penting mahal atau murah." beliau bercerita dengan mimik wajah yang sedih. sungguh keinginan yang sangat sederhana.

Kemudian ibu saya menyarankan beliau untuk bersabar dan mengatakan mungkin anak-anaknya merasa jika ibu dan ayahnya sudah berkecukupan dan mersa malu jika hanya memberi sesuatu yang tidak ada harganya.

Kemudian ibu saya mengatakan kepada saya bahwa sebagian besar nafsu kebendaan orang tua yang sudah lanjut usia itu sedikit demi sedikit menguap, hanya yang mereka inginkan adalah kasih sayang dari anak cucunya. Demikian pula ibu saya mengisahkan tentang nenek kami yang senantiasa menanti kedatangan ibu dari pasar hanya untuk mendapatkan oleh-oleh dari ibu yang berupa jajanan tapai ubi kesukaanya.

Memang sepatutnyalah kita sebagai anak membahagiakan hati kedua orang tua. Dan yang paling harus disadari adalah bahwa kebahagiaan itu tidak hanya dengan tercukupinya materi.Apalagi hanya dengan membahagiakan kedua orang tualah kita akan mendapatkan ridlonya, dan dengan ridlo itu kita akan mendapatkan keridloan allah swt.

Semoga kita dapat membahagiakan orang tua kita. Karena pada hakikatnya apapun yang kita berikan tidak akan pernah sepadan dengan kasih sayang yang mereka curahkan untuk kita.


0 komentar: